Blog? Vlog? Apa Bedanya?

Beberapa hari lalu, saat stalking scrolling di facebook, ada seorang teman yang update status, Blog? Vlog? Apa bedanya?

Status itu sempat membuat saya tertegun sejenak, sambil berpikir, “Mmm ini apa gak pernah baca info terbaru ya? Masa Blog sama Vlog aja gak tau bedanya?”.

Eh eh eh, kok saya langsung kasih judgement! Tunggu-tunggu, bisa jadi memang orang tersebut, gak tau sama sekali tentang apa itu Blog dan apa itu Vlog. Lha wong BLOG aja masih ada yang nulis dengan BLOK. Artinya memang ada atau segelintir orang yang gak ngerti bahkan gak pernah denger sama sekali.

Sama lah, seperti saya yang gak kenal istilah krisan, gawai, dan aneka kata-kata baku lainnya. Ya, karena lingkup pengetahuan tiap orang berbeda, caranya mengakses info juga berbeda, dan tentunya memahami satu informasi dengan orang lain pun bisa beda nangkepnya.

Oke anggaplah tulisan ini, khusus bagi yang memang tidak tau bener-bener apa itu bedanya Blog dengan Vlog. Bisa juga untuk orang yang terbiasa denger-denger sekelibat aja, dan pengen tau lebih banyak tentang perbedaan keduanya.

Well, Blog dan Vlog itu sama-sama tempat menuangkan ide & informasi. Keduanya tujuannya sama, untuk menyebarkan karya yang dibuatnya, baik di dalam blog maupun vlog.

Beda yang pertama, terdapat pada kemasannya. Blog ini hanya berupa tulisan saja, kadang juga ada dilengkapi dengan foto dan video. Blog ini tidak ada penampakan si penulis dalam menuturkan cerita.

Sementara Vlog, adalah sebuah karya yang tidak jauh dengan Blog, hanya saja dibuat secara visual, dituturkan, atau bisa berupa gerakan-gerakan yang menggambarkan informasi apa yang ingin disampaikan.

Baca Juga  Saya Ngefans 5 Blogger Ini!

Vlog sendiri berasal dari kata Video Blog. See? Jadi Blog yang berupa video, artinya tidak hanya berupa tampilan tulisan saja, tapi juga ada videonya, seperti kita nonton televisi. Hanya saja, Vlog ini berkembang di beberapa sosial media, terutama youtube dan instagram. Kalo di youtube, kita bisa membuat Vlog dengan durasi lebih panjang, sementara Instagram ada pembatasan 1 menit, meskipun bisa ditambah slide-slide berikutnya dengan menit yang sama.

Kira-kira penjelasan ini bikin mudeng atau malah tambah mumet ya?

Sederhananya gini, teman-teman yang baca tulisan ini sekarang, artinya sedang membaca sebuah blog. Nah  kalo Vlog, artinya butuh dalam bentuk video. Terus kalo blog yang menyisipkan video dalam postingannya gimana? Namanya vlog juga bukan?

Oke, kalo ini berarti namanya video di dalam blog. Gimana? Makin bingung? Hahhaha

Baiklah, contoh vlog bisa langsung ke youtube aja deh, di bagian kolom search, ketik SADDHA STORY, nahhh disitu banyak contoh Vlog jalan-jalan dan makan-makan *sekalian promosi* 😀

Intinya mah, beda blog dan vlog, hanya  pada medianya aja, vlog itu visual berupa video dari awal sampai akhir, sementara blog hanya tulisan-tulisan aja, seperti yang ada di blog ini. Gituuuhhh. Semoga bisa dimengerti ya pemirsaaaahh!

Pastinya baik ngeblog maupun ngevlog, kalo kita tekuni, bisa menghasilkan pundi-pundi rejeki juga loh. Pengen tau gimana caranya? Sokkk gih googling aja gimana cara cari duit lewat blog atau vlog, dijaminnn uda banyak yang nulis ataupun upload di vlognya. Daripada saya janjiin, ntar kelamaannn postingnya 😛

 

2 thoughts on “Blog? Vlog? Apa Bedanya?

  1. sbnrnya aku tuh udh mulai pgn bikin vlog mbaa… tapi memang ga jadi2, karenaaaa aku tuh susah bicara dpn kamera hahahah… itu tuh yg sampe skr nunda2 bikin vlog.. nth kenapa aku memang lbh bisa menceritakan sesuatu itu lwt tulisan, drpd visual … hrs banyak bljr dr yg ahi sih… ama mengedit video, aku jg masih kurang ilmunya… hrs aku upgrade lg…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *