Danau Cinta, Jelajah Indah Wisata Tanah Papua

“Hampir seluruh pulau di Indonesia Bun ternyata, yang Ayah sudah kunjungi. Papua aja yang belum”, ujar suami seketika membuyarkan konsentrasi saya saat membantu suami packing untuk berangkat ke tempat kerjanya.

Sejak menikah, saya yang awalnya orang rumahan banget, sekarang jadi ketularan suami yang suka berpetualang ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi dengan cara-cara yang kadang tidak biasa. Dari mulai selesai acara akad & resepsi pernikahan, suami sudah mengajak berkelana. Pergi berdua tanpa planning mau kemana lalu kami singgah di salah satu cottage di daerah Jawa Barat, menikmati bulan madu dan indahnya alam di sekeliling tempat penginapan.

Setelah anak-anak mulai besar, suami terus menularkan hobby adventurernya ini. Wisata backpackeran ke Bogor menggunakan KRL dan berjalan kaki sepanjang dari hotel ke Kebun Raya Bogor, begitu pula sebaliknya. Menikmati Bromo dengan tour jeep malam hari, hingga arung jeram di Sungai Progo Magelang Jawa Tengah. Gak heran, jika sekarang hampir di setiap libur sekolah, kami sekeluarga memilih liburan serba outbound dan petualangan. Terakhir, kami berkunjung ke Kopeng Tree Top di Salatiga, Jawa Tengah, dimana anak-anak merasakan sensasi Flying Fox yang saat ini digadang-gadang sebagai yang terpanjang di Asia Tenggara.

Impian Liburan Ke Papua

Tahun 2020 ini, tahun yang cukup berat buat kita semua, baik Bangsa Indonesia maupun dunia, utamanya dengan merebaknya virus Corona Covit 19 yang membuat banyak lini kehidupan tersendat. Liburan, tentulah bukan prioritas saat ini, tapi tetap menjadi impian dan wacana kami sekeluarga. Salah satunya adalah target mengunjungi Tanah Papua dan mencicipi jelajah indahnya wisata di pulau tersebut.

Peta Papua

Kenapa Papua?

Pertama, tentu saja karena Papua destinasi wisata hijau. Yang artinya memang kondisi alamnya masihlah sangat indah dan alami. Kami sekeluarga termasuk yang suka berwisata alam terutama yang masih “perawan”. Sebagai contoh ketika memilih liburan ke pantai pun, kami mencari pantai yang bebas sentuhan komersial. Paham kan maksud saya? Saat ini, di Jogjakarta ada beberapa pantai yang terlalu banyak atraksi dan hiasan, misal tikar digelar di sepanjang bibir pantai dengan payung sebagai aksesorisnya. See? Bukannya itu malah bikin pantai hilang kealamiannya ya?

Baca Juga  Sop Pakai Susu Sapi Murni? Enak atau Eneg?

Inilah kenapa, kami sekeluarga, makin selektif mencari lokasi dimana kami akan liburan. Saya dan suami, ingin anak-anak bisa menikmati lokasi wisata itu secara murni, bukan karena printilan hiasan atau atraksi yang tersaji. Papua, adalah salah satu destinasi yang pastinya menjadi salah satu target utama.

Kedua, keindahan hutan papua yang lestari. Masa kecil dulu, saya pernah ikut Bapak ke hutan untuk cek kondisi kayu-kayu di hutan. Bapak adalah salah satu ajun atau kepala bagian yang ditunjuk tempat kerja beliau untuk mengawasi area yang dipimpinnya. Kenangan ini pula, yang membuat saya ingin menengok langsung kecantikan hutan di Papua. Apalagi setelah mengetahui ada sebuah yayasan yang bernama Econusa, yang peduli dengan kelestarian hutan beserta kelangsungan hidup masyarakat Papua, membuat saya makin penasaran eksplorasi langsung ke propinsi paling timur Indonesia tersebut.

Danau Cinta Papua

What you think is what you get. Pernah dengar istilah ini? Bahwa apa yang kita pikirkan maka itulah yang kita dapatkan. Sesaat setelah suami cerita tentang keinginannya membawa kami sekeluarga liburan ke Papua, tanpa sengaja saya menemukan foto-foto indahnya salah satu lokasi wisata di Papua yang diupload oleh Asih, teman saya masa kuliah di HI UPN dulu.

pic: facebook.com/asih.nor

Melalui akun media sosialnya, Asih share foto-foto saat ia dan beberapa temannya, berwisata ke Danau Cinta. Ya, disebut Danau Cinta karena kalau dilihat viewnya dari atas, memang berbentuk seperti L O V E, alias lambang cinta. Oleh masyarakat sekitar, Danau atau Telaga Cinta ini diberi nama Danau Imfote. Danau ini berada di perbukitan dan dikelilingi oleh hamparan rumput hijau.

pic: facebook.com/asih.nor

Danau Cinta di Papua yang berlokasi di Kecamatan Ebungfau, Kabupaten Jayapura ini, memang punya daya memikat tersendiri. Tidak jarang dari beberapa artikel yang saya baca, menarik banyak pasangan untuk melakukan foto pre wedding di tempat ini. Karena memang Danau Cinta ini benar-benar indah!

Baca Juga  Resep Oseng Cumi Tahu Tempe

Asih cerita ketika pesawat akan mendarat di Sentani Airport, kita disuguni panorama bukit-bukit cantik yang melewati Danau Cinta dan Danau Sentani. Dengan menyimak ceritanya saja, saya sudah bisa menciptakan gambaran begitu indahnya pemandangan yang tersaji.

Teman kuliah saya ini pun juga menginformasikan, kalau sampai tulisan saya ini dibuat, Danau Cinta masih dikelola oleh masyarakat sekitar asli Papua. Bagi saya, justru disinilah serunya. Tidak terlalu terkontaminasi oleh modernisasi dan juga komersialitas. Lagipula, bagi saya dan keluarga, tujuan berwisata itu bukan sekedar nongkrong atau pepotoan semata, tapi juga benar-benar meresapi keindahannya.

Informasi tambahan yang juga cukup penting adalah, untuk menuju ke Danau Cinta, kita bisa menggunakan jalur darat ataupun air, setelah kita mendarat di Sentani Airport. Kalau saya, pastinya akan memilih jalur air, karena bisa menikmati alam papua dengan cara yang lebih seru dan menantang! Meskipun saya belum pernah ke Danau Cinta, tapi dengan review dan rekomendasi dari teman saya tersebut, tentulah bikin makin gak sabar untuk segera kesana.

Danau Cinta Papua,
Tunggulah, suatu hari, saya kesana

17 thoughts on “Danau Cinta, Jelajah Indah Wisata Tanah Papua

  1. Wah keren… Saya pernah ke Jayapura tp nggak sempet kemana-mana. Nah, menjelajah sampai ke Pulau yg lupa lg nama pulaunya itu waktu ke Merouke… Indah tempat Papua, suka dengan hamparan lautnya 🙂

  2. Danau Cinta Papua..unik banget ya nama dan bentuknya. Indah dan masih alami.
    Aku belum pernah ke Papua, Mbak Inna…suamiku yang sudah penah untuk tugas kerja 3 bulan di sana. Dan aku memang berencana sekeluarga traveling ke sana, semoga bisa

  3. Papua ini punya sumber daya alam yg luarrr biasa.
    Kita kudu bahu-membahu untuk menjaganya sekuat tenaga
    Semoga semua pihak bisa bekerjasama melindungi hutan Papua agar tetap lestari.. Aamiin..

  4. Papua itu tempat yang cantik sekali ya banyak destinasi dengan keindahan yang luar biasa semoga tetap lestari tidak rusak karena tangan2 yg tdk bertanggung jawab

  5. Papua memang masih jadi andalan wisata hijau ya. Saya pun ada tujuan kalau bisa menginjakkan kaki di Papua. Saya ingin mencapai Puncak Jayawijaya. Setelah Kerinci berhasil kami taklukkan tahun kemarin

  6. Wah seru sekali memliki pasangan yg berjiwa adventure.
    bisa melukis cerita perjalanan bersama.
    ahh..tanah Papua, destinasi yang telah lama menjadi impian. Hanya utk saat ini Allah belum mengijinkan menjejak disana

  7. Iya, saat mau mendarat dari atas terlihat hamparan hijau semua, deretan perbukitan.
    Saya pernah ke Papua, tapi belum pernah ke danau cinta ini. Ke sana tahun 2010 dan saat itu kondisi belum begitu aman, jadinya ya di hotel aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *