Liebster Award For My Dear Moms Blogger

 

Beberapa bulan lalu, ketika ikut workshop pembuatan video yang diadakan oleh Mas Teguh Sudarisman, saya berkenalan dengan seorang blogger, Mbak Denik namanya, kami sempat berjalan bersamaan ke tempat parkir saat menuju pulang.

Satu hal yang langsung mencuri perhatian saya adalah, Mbak Denik yang memakai kebaya. Setelahnya saya baru ngeh, di banyak postingan sosial medianya, memang selalu memakai baju kebaya, bahkan di salah satu blogger senior juga menyebutkan hal serupa. Salut banget saya, inspiratif!

Gak berapa lama, dari pertemuan pertama kami, Mbak Denik WA saya, memberikan info tentang Liesbster Award. Wah apa ya ini?

Mengenal Liebster Award

Waktu pernah aktif ngeblog di tahun 2009, saya pernah menjumpai hal semacam Liebster Award ini. Jadi sesama blogger secara estafet memberikan semacam penghargaan kepada blogger lainnya.

Begitu pula dengan Liebster Award ini, yang merupakan salah satu cara mempererat hubungan sesama blogger bukan hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia. Liebster artinya tersayang, berasal dari bahasa Jerman yang merupakan asal muasal dari blogger pertama yang menyebarkan Liebster Award ini.

Caranya sederhana, kita menantang salah satu blogger untuk menulis di blognya, lalu blogger tersebut juga memberikan challenge ke blogger lainnya. Uniknya, Liebster Award ini semacam project *suka-suka*, artinya tanpa deadline seperti deadline artikel dari klien atau pas ikutan blogwalking rame-rame 😀

Meski tanpa deadline, tapi juga ada unsur kepercayaan, karena ketika sebelum si pemberi tantangan memasukkan kita ke dalam list di blognya, maka ada persetujuan terlebih dahulu dari kita.

Dalam hal ini, artinya Mbak Denik menantang saya, dan saya setuju. Lalu saya juga memberi challenge ke beberapa rekan blogger yang kenal dan saya hubungi langsung melalui WA tentang Liebster Award ini.

7 Fakta tentang innaistantina

Nah, sebelum saya infokan siapa saja yang saya tantang di Liebster Award ini, saya ingin menjawab dulu tantangan 7 fakta tentang diri saya

1. Kenapa memakai nama innaistantina dan kenapa pakai huruf kecil semua?

Nama lengkap saya, cukup simple, Istantina. Kata Bapak, ini berarti perempuan yang punya cara lain untuk mengembangkan hidupnya, inilah yang membuat saya bisa dibilang 180 derajat berbeda dari kakak-kakak saya. Dari apa pilihan hidup, karir dan banyak hal lainnya yang memang cenderung berbeda.

innaistantina, saya menggabungkan nama panggilan, inna dan nama lengkap. Memilih memakai huruf kecil semua, karena menurut saya, setinggi-tingginya manusia, sesukses-suksesnya manusia, tentunya ada hal lebih besar di balik itu semua, yaitu Sang Maha Pencipta.

Baca Juga  Happy 38th!

2. Gak bisa diem!

Yang kenal saya sejak kecil, tau persis, saya nih gak bisa diem. Sukanya uplek. Saya memilih menyibukkan diri, daripada cuma sekedar nonton film ataupun berleha-leha sih. Sekalipun nonton itu pasti ada tujuannya, yaitu buat ditulis atau masukin podcast 😀

3. Moody

Ya ya ya, meski saya orangnya gak bisa diem, saya juga moody banget orangnya. Inilah kenapa saya memilih punya beberapa kegiatan, karena kalau cuma fokus 1 hal aja, saya pasti bosen, terus moody dateng! Kalau punya beragam aktivitas, saya merasa lebih bisa mengendalikan moody, dibanding ketika hanya mengerjakan 1 hal sama terus menerus.

4. Kalau udah fokus, gak mau diganggu!

Nah ini, biar saya gak sewot semisal pas fokus ngedit video atau nulis di blog, terus anak-anak dikit-dikit manggil, mending saya kerjakan semua itu disaat anak-anak udah tidur atau sebelum mereka bangun tidur ataupun ketika anak-anak lagi main sama Ayahnya. Karena saya kalau udah fokus, pengennya yaaa fokus kerjain sampai selesai, males banget kalau kejeda-jeda.

5. Kalau ada kepengenan, ya dijabanin

Ini adalah istilah lain dari suka ngotot atau keras kepala 😛

Mau orang lain bilang gak mungkin atau gak bisa, kalau saya suka dan ngerti bener apa manfaatnya, ya saya kerjakan.

6. Terlalu detail!

Jujur, dengan menjadi terlalu detail, kadang suka capek sendiri, xixiixii. Meski saya kadang juga terburu-buru memutuskan sesuatu, tapi di situasi lain saya jadi suka terlalu pemikir sampai hal paling detail. Misal seperti mau beli pompa air galon aja nihhh, sampai membandingkan harga seakurat mungkin, model dan bentuknya, reviewnya gimana, padahal harganya kisaran 30-50 ribuan doang, tapi bisa berhari-hari surveynya, wkwkwk

7. Gak punya banyak teman

Saya termasuk orang yang rumahan banget, jarang pergi kalau gak penting-penting banget. Punya teman yang benar-benar teman pun, hanya beberapa, bisa dihitung dengan jari lah. Gak terlalu suka hangout rame-rame, apalagi ke tempat rame seperti mall, duh bisa mendadak pening kepala saya.

Nah kan, tiap orang punya kelebihan dan kelemahan, tapi yaaa itulah diri kita, dengan kelebihan kita menutupi kelemahan, dengan kelemahan kita membuat diri kita sadar, kalau manusia itu gak ada yang sempurna.

7 Pertanyaan Dari Pemberi Liebster Award

Sekarang saatnya saya juga menjawab pertanyaan dari Mbak Denik, yang memberi saya tantangan Liebster Award:

Baca Juga  My Radio Journey (Part II)

1 . Sebutkan satu lagu daerah yang paling disukai berikut alasannya?

Kicir-kicir! Ini nih lagu daerah yang saya suka, karena perpaduan katanya tersusun cantik, selain itu lagunya beraura energik, jadi bikin ikut semangat dengernya.

2 . Sebutkan satu lagu wajib nasional yang paling disukai berikut alasannya?

Lagu wajib nasional yang saya suka adalah Tanah Air. Entah kenapa kalau denger lagu ini tuhhh berasa jiwa nasionalisme terpanggil dan ikuttt terharu bayangin para pejuang jaman dulu yang bertarung mati-matian memperjuangkan kemerdekaan.

3 . Sebutkan satu kota di wilayah Indonesia yang paling disukai berikut alasannya? Boleh yang sudah dikunjungi atau masih dalam impian untuk dikunjungi.

Menjelajahi Indonesia sampai ke tiap sudut pulau manapun, ini salah satu cita-cita saya dan suami. Mengeksplore ragam budaya dan sosial yang berbeda, menjadi sebuah tantangan tersendiri. Yang terdekat, pengen banget ke Labuan Bajo di NTT, suami yang pernah kesana dalam rangka acara kantornya, dengan cerita dan foto-fotonya yang menarik, bikin saya mupeng dengan tempat tersebut.

4 . Sebutkan satu tokoh nasional yang paling dikagumi berikut alasannya?

Tentu saja R.A. Kartini, karena jasa beliaulah, kita para perempuan Indonesia sekarang bisa berpikiran maju, berdikari, dan berkarya di berbagai bidang.

5 . Sebutkan satu tempat yang paling berkesan dan memiliki kenangan dalam hidupmu? (Bisa tempat makan, sebuah toko, sebuah jalan atau tempat rekreasi)

Semarang, kota ini penuh kenangan, tempat tumbuh remaja, tempat pertama kali berkenalan dengan dunia radio dan mulai punya cita-cita jadi penyiar radio, hingga tercapailah impian tersebut di masa kuliah. Kota yang terkenal dengan lunpianya ini, menjadi salah satu kota favorit saya, ada degup tersendiri tiap mampir kesini.

6 . Apa definisi cinta menurut kalian?

Cinta itu sebuah keikhlasan. Ikhlas dalam menerima dan memberi. Cinta adalah sesuatu hal yang kita terima ataupun kita beri. Cinta adalah ketulusan. Tanpa ketulusan, cinta hanya berupa simbol tanpa makna.

7 . Sebutkan cerita cinta yang menurut kalian paling berkesan? Bisa cerita dari buku yang dibaca atau dari film yang ditonton. Berikut alasannya ya?

Habibie & Ainun, menonton film ataupun membaca buku tentang kisah Pak Habibie bersama Bu Ainun, membuat saya yakin, bahwa sukses seorang suami, gak bisa lepas dari peran seorang istri.

 

Pertanyaan Untuk Teman-Teman Blogger Terpilih

Setelah saya menjawab pertanyaan dari Mbak Denik, selaku yang memberi tantangan Liebster Award ke saya, maka saya juga memberikan pertanyaan ke teman-teman blogger yang saya pilih. Apa saja pertanyaannya?

  1. Apa definisi rasa syukur?
  2. Hal apa yang terjadi dalam hidup dan patut untuk disyukuri?
  3. Siapa yang paling berjasa dalam hidupmu?
  4. Hal apa yang ingin kau berikan pada orang yang sudah berjasa dalam hidupmu, tapi hingga detik ini belum kesampaian?
  5. Apa cita-cita terbesarmu saat ini?
  6. Pernahkah orang lain meremehkanmu, dalam hal apa? Lalu apa yang kamu lakukan untuk menghadapi hal tersebut?
  7. Bagaimana caramu mengembalikan semangat yang sedang turun?
Baca Juga  Di Kota Ini, Tempatku Belajar Pertama Kali, Tentang Kekuatan Doa & Ikhtiar

Siapa Saja Yang Terpilih?

  1. Hastin Pratiwi, salah satu sahabat yang saya kenal ketika kami sama-sama jadi partner kerja di Oriflame, lalu sekarang setelah kami gak aktif lagi di bidang tersebut, dunia menulis rupanya mempertemukan kami dalam passion yang serupa. Tulisan-tulisannya di blog www.hastinpratiwi.com, inspiratif dan membuka sendi-sendi renungan.
  2. Dhika Suhada, belum kenal terlalu lama, belum pernah bertemu juga. Tapi entah kenapa, setelah mendengar suaranya melalui podcast ataupun konten yang diupload melalui sosmednya, bikin saya meyakini, bahwa Bunda yang satu ini keibuan banget, ini juga tampak di tulisan-tulisan di dalam blognya, www.BundaStory.com.
  3. Sapti Nurul Hidayati, beberapa kali bertemu di event blogger, dan saya mengenalnya sebagai sosok perempuan yang lembut sekaligus kuat. Terbilang aktif menulis di blognya https://www.cerryku.com/ dengan beragam topik menarik.
  4. Hanila Pendar Bintang, blogger asal Bali yangggg saya suka pantengin di blognya https://www.hanilacorner.com/ & juga sosmednya, keliatan seruuu dan asik juga orangnya, hopefully we can meet sooon yaaa dear.

Aturan Main Liebster Awards

1 . Mengucapkan terima kasih kepada si pemberi tantangan atau pemberi anugerah Liebster Awards.
2 . Menyematkan link tulisan tantangan Liebster Awards dari si pemberi tantangan.
3 . Menuliskan 7 tantangan tentang diri sendiri.
4 . Menjawab 7 Pertanyaan yang diajukan oleh si pemberi tantangan.
5 . Menantang blogger lain untuk melakukan hal yang sama.
6 . Memberi 7 pertanyaan kepada blogger terpilih.
7 . Jangan lupa menyisipkan alamat blog dari blogger yang kita anugerahi Awards.
8 . Menulis poin 1-7 ke dalam blog masing-masing.
9 . Jangan lupa menyisipkan logo Liebster Awards di dalamnya.

Untuk mengakhiri tulisan ini, saya juga ingin mengucapkan terimakasih ke Mbak Denik, yang memberi challenge Liebster Award ini ke saya, melalui blognya http://catatandenik13.blogspot.com/.

Semoga tantangan ini bisa tersebar ke penjuru manapun, supaya kita para blogger bisa terus terkoneksi, interaksi dan bersilahturahmi.

Semangat menulis teman-teman, semangat berkarya 🙂

 

3 thoughts on “Liebster Award For My Dear Moms Blogger

  1. Yeaaah, akhirnya berhasil menyematkan logo ini di blog. Selamat ya Mba. Terima kasih juga sudah menerima tantangan ini. Sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *