Tetap Waras Hadapi Berita Virus Corona Covid 19

28 Maret 2020, pasien positif virus Corona Covid 19 mencapai angka 1000 lebih. Baca, nonton atau dengar berita corona seperti ini tiap hari, bikin sedih gak sih?

Di minggu pertama, mulai ada berita tentang corona masuk Indonesia, jujur saya bukan cuma sedih, tapi juga cemas, khawatir, dan segala keparnoan lainnya muncul. Sampai sempet konsultasi ke suami, perlu gak saya belanja lebih banyak? Perlu gak nyetok ini itu?

Setelah ngobrol dengan suami, saya ke tempat belanja, niatnya pengen nyetok macem-macem, tapi akhirnya saya beli yang memang di rumah sudah mulai menipis aja. Eh ada ding, beli indomie 2 kardus. Padahal makannya juga paling 2 minggu sekali atau sebulan sekali doang, wkwkwk. Sekarang pun masih jarang diambil dari kardus, karena Alhamdulillah per hari ini, masih bisa belanja di tukang sayur atau supermarket terdekat. Ya, saya lebih prefer masak makanan segar buat suami dan anak-anak, dibanding sebangsa mie instan ini. So far, mie instan buat last choice aja, ketika bener-bener gak ada bahan masakan lainnya.

Pun dengan maraknya corona covid 19 ini, saya berharap tidak ada kepanikan berlebihan lagi, berharap jangan sampai ada kerusuhan yang menimbulkan chaos dan kondisi makin memburuk.

Inilah kenapa, alasan terbesar saya menulis postingan kali ini, adalah beberapa tips yang saya lakukan, sampai kemudian saya *tidak separno* atau sepanik di minggu-minggu pertama berita corona ini muncul. Meski sekarang, jumlah pasien positif makin banyak, dan info yang beredar ini belum berada pada puncaknya. Wallahu a’lam.

Intinya, gimana kita bisa tetap waras saat menghadapi aneka berita tentang corona ini.

Kenapa Harus Tetap Tenang di Saat Banyak Berita Genting Tentang Berita Corona Covid 19?

Alasan saya sederhana sih, karena suami sering tidak berada di rumah, bekerja di lain pulau, kebayang kalau saya panik seperti apa? Anak-anak gimana dong, kalau Bundanya ini mbingungi sendiri?

Baca Juga  Menjadi Toleran, Apakah Salah?

Saya pun paham benar dengan diri saya, kalau panik malah bikin segala macam kerjaan gak tuntas, gak fokus, bawaannya gak semangat, bete terussss, mereh-mereh gak jelas. Panik ini bener-bener pemicu aneka pikiran dan emosi negatif deh menurut saya, jadi saya berusaha hindari atau minimal kurangi porsinya.

Ya elahh, siapa yang gak panik coba, melihat berita bertebaran dimana-mana. Tapi ketika kita latih porsi paniknya, Insya Allah bisa bikin kondisi lebih terkendali.

Lalu, Apa Yang Bisa Kita Lakukan, Supaya Bisa Mengurangi Porsi Kepanikan Saat Mengikuti Berita Corona?

Cari Informasi Yang Benar

Saya menghindari banget deh, ngeklik tautan atau link berita gak jelas yang tersebar di group WA ataupun sosial media. Mending saya kalau butuh info terbaru seputar corona covid 19 di Indonesia, pilihan saya kalo gak buka detik.com atau kompas.com. Udah itu aja. Paling gak, saya meyakini kedua media tersebut terpercaya dan terbukti bertahun-tahun selalu memberikan informasi akurat.

Olahraga Teratur

Ini juga hal yang simple, tapi susah bangett komitmennya. Sementara saya baru bisa kepegang seminggu sekali nih buat olahraga. Paling gak bisa rileksasi sejenak dengan olahraga ini. Dan setelah yoga, olahraga yang saya pilih, efeknya memang badan segerrr, pikiran ikutan, dan emosi lebih terkendali.

Kumpul dengan Komunitas Online Yang Positif

Ini nih yang juga super duper penting. Kalo di group WA terlalu banyak hoax, saya langsung mute itu group. Tapi kalo group bareng temen-temen blogger ataupun pelaku suara dubber/ voice actor, disini kami malah saling menguatkan dan terus berkarya. Ya meski sesekali ngobrolin corona juga, tapi paling gak lebih terkontrol, gak meleber kemana-mana.

Baca Juga  Doa Belum Terjawab, Iyakah?
Berita Corona Covid 19, Bikin Panik?
Komunitas di group WA yang bikin saya tetap waras saat ngikutin Berita Corona

Ya, kalo sekiranya masih panik juga, kita bisa lakukan beberapa hal yang kita suka, misal berkebun, masak, bikin kue, menyulam, melukis, dll. Atau boleh tuh cobain mandi parfum pakai sabun cair vitalis body wash. Eh lah malah pesan sponsor numpang dimari! 😛

Intinya sih, boleh-boleh aja kok kita ikuti berita corona. Dan haruss sih menurut saya, supaya kita juga lebih aware dan up to date, tapi bukan berarti terus over panik,  tergerus emosi dan pikiran kita dengan berita-berita ini. Karena kita butuh sehat, nah pengen sehat raganya, maka jiwanya jugaaa perlu sehat, salah satunya, pliss stop panik berlebihan.

 

 

4 thoughts on “Tetap Waras Hadapi Berita Virus Corona Covid 19

  1. Saya awalnya meremehkan kekuatan medsos dan berita Mba, rajin banget saya cek update corona.
    Lama-lama kok ya stres sendirim parno sendiri, terus mikir lagi, lama-lama ya saya sakit sendiri juga nih, padahal lagi banyak virus di mana-mana.

    Kalau kami palingan tidur Mba, saya terutama, meski sulit tidur nyenyak, saya siasati tidur sebisa mungkin.

    Olahraga palingan gerak ringan aja di depan pas berjemur, atau joget-joget sama anak-anak hahaha.

    Makan masih kadang kurang sehat sih, tuh indomie selalu menggoda, hiks 😀

  2. Berita riil dan hoax tentang corona ini awalnya sulit dibedakan ya. Lama2 kita bisa menyaringnya lalu mencari info akurat dr website2 terpercaya jd ga parno2 amat hehehe 😅

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *